Selasa, 05 Januari 2016



Jurnalistik: membuka cakrawala pradaban

Dalam melakukan sesuatu hal haruslah didasari dengan ketertarikan, usaha, tekun, dan keseriusan. Seperti halnya dalam menekuni bidang jurnalistik ini. Pandanganku tentang jurnalistik adalah sebuah karya tulis yang mempunyai fungsi sebagai penjemput informasi, mengungkap sejarah, mengikis kebodohan, dan masih banyak lagi.
Awalnya yang cuma hobi jadi angan untuk cita-cita kedepannya. Seiringnya waktu tidak disadari bahwa aku telah melebur dalam ranah jurnalistik. Dari situ kita bisa mengeksplore apa yang emang perlu diangkat ntuk bahasan publik. Selain bisa menghasilkan karya kita juga bisa sekalian adventure untuk menambah wawasan.
Tidak hanya hal tersebut yang membuatku bertahan pada jurnalistik. Namun karna salud pada zaman Rasulullah SAW pun sudah terjadi salah satu hal pokok dalam jurnalistik. Seperti halnya dahulu sahabat telah melakukan fungsi kewartawanannya, diantaranya dengan memeberitakan mengenai diri pribadi Nabi, dan tidak berlebih-lebihan dalam memberitakan kejadian di zaman nabi terutama jika menyangkut langsung kegiatan Rasulullah baik perbuatan maupun perkataan beliau.
Bahkan di dalam al-Qur’an juga terdapat surat yang apabila dilihat secara eksplisit memerintah untuk bisa menulis. Seperti yang terdapat di dalam QS Al-Alaq: 1-5 yang bisa di ambil substansi dalam ayat tersebut dalam tafsir al-Maraghi menyebut bahwa ayat inilah yang mengubah suatu bangsa yang sangat rendah menjadi bangsa yang paling mulia dengan perantara menulis. Tidak bisa kita bayangkan apabila tidak ada tulisan, tentu ilmu pengetahuan tak akan terekam, sejarah tak kan bisa dipelajari dan lain-lainnya. Sedangkan dalam QS. Al-Qalam: 1, yang mana menurut Thantawi dalam bukunya Suf Kasman ini menyebutkan sumpah Allah dengan tiga hal tinta, qalam, dan tulisan. Allah tidak pernah bersumpah, kecuali dengan hal-hal yang agung. Jadi lewat tiga sumpah itu, kebodohan dapat dikikis dan peradaban dapat ditegagkan. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa manfaat jurnalistik yaitu mengikis kebodohan dan menegakkan peradaban yang maju.
Dari tulisan awal sampai akhir ini lah yang membuatku semakin tertarik dengan jurnalistik, dengan banyak keberagaman dan mempunyai manfaat yang tinggi bagi melebarnya cakrawala peradaban dengan melihat, mengaman, menginformasikan, dan menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar