Selasa, 05 Januari 2016



Talmud
Talmud adalah salah satu kitab dari agama Yahudi. Agama yahudi sendiri tidak mempercayai kitab perjanjian baru sebagai kitab suci. Sebaliknya, selain dari kitab  taurat,  mereka masih mengakui kesucian beberapa kitab yaitu, talmud dan protokol-prtokol pendeta Zionis. Talmud sendiri adalah suatu tafsiran tentang kitab suci yang pertma, yaitu Taurat. Tafsiran itu juga dari guru-guru taurat dari masa ke masa. Talmud juga bisa dikatan tentang ensiklopedia tentang hukum peradaban kemanusiaan dan ketuhanan. Kandungannya lebih banyak berwujud khayal dari pada kenyataan dan kejadian yang sebenarnya tentang kehidupan kebangsaan umat yahudi ribuan tahun yang lalu. Sebagaimana yang diakui Jewish Historical Museum di Amsterdam, negri Belanda, merupakan kumpulan dari komentar-komentar dan tambahan-tambahan terhadap hokum Taurat.
Orang Yahudi mengakui adanya dua macam Talmud, yaitu Talmud Palestina atau Talmud Yerusalem dan Talmud Babilonia. Yang pertama tersusun ketika pendeta-pendeta Yerussalem menetap di Palestina, kemudia yang kedua tersusun pada saat mereka berada dalam pembuangan yaitu di Babil. Dengan tanpa memperdebatkan bagaimana asal-usul sejarah terbentuknya kedua Talmud tersebut, umat Yahudi mengakui bahwa kedua-duanya sebagai kitab suci yang diturunkan dari langit dan kedudukan disamakan dengan Taurat. Mereka mengatakan bahwasannya YeHoVah memberikan kitab Taurat pada Musa di bukit Tursina sebagai bentuk tulisan, dan disamping itu juga memeberikan Talmud dalam bentuk lisan kepada Musa.
Intisari Talmud sendiri terdiri dari lima bagian. Bagian pertama berisi sejarah tentang:
1.      Qabil dan Habil sampai runtuhnya Babilonia
2.      Kelahiran Ibrahim sampai kehancuran Sodom dan Gomorah
3.      Masa kelahiran Ishaq sampai perang chechem
4.      Kebesaran Yusuf hingga pengangkatannya menjadi pejabat tinggi Mesir
5.      Kebesaran Yusuf dan kedatangan Ya’qub ke Mesir
6.      Kematian Ya’qub dan putra-putranya Musa keluar dari Mesir
Bagian kedua berisi contoh tafsiran-tafsiran kitab
1.      Keluar dari Mesir
2.      Hukuman-hukuman tuhan
3.      Musa meninggal dunia
4.      Buku Esther
5.      Raja Sulaeman yang bijaksana
Bagian ketiga berisi riwayat para rahib atau rabbi, ajaran-ajaran mereka dan kejadian-kejadian dalam hidup mereka. Bagian keempat peribadatan dan fatwa-fatwa para rabbi, legenda dan lain-lain. Bagian kelima berisi hukum perdata dan hukum pidana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar